Life Planning

July 04, 2014

Hi guys! how have you been?
Okay since i've promised that i will write more during my long holiday, so here come the next post about life planning, enjoy!
 

Jadi, apa sih life planning itu?

Life planning adalah sebuah perencanaan tentang target-target kita yang tersusun secara singkat. Life planning dilengkapi dengan tujuan puncak kita atau life goal. 1

Secara simple-nya, life planning berarti merencanakan apa sih yang ingin kita capai selama jangka waktu tertentu. Sebisa mungkin, life planning harus disusun secara detail. Jangan menulis seperti ini dalam life planning kalian

Seoul, 2015

Nah life planning tersebut kurang detail. Ke Seoul mau ngapain? lomba kah? jalan-jalan kah? lalu sebisa mungkin waktu tercapai nya juga dibuat secara detail. 2015? bulan apa? lebih baik lagi kalau kalian juga mencantumkan tanggal. Mengapa sih life planning harus dibuat detail? Karena itu bisa mempercepat tercapainya suatu mimpi..

Wah wah.. kog bisa gitu ya?

Karena dengan adanya waktu pencapaian yang detail, kita seperti membuat deadline untuk diri kita sendiri. Pokoknya, hal tsb harus tercapai di bulan x tanggal y, misal seperti itu. Jadi karena kita sudah memiliki "deadline" maka kita akan bekerja lebih keras dan lebih fokus untuk mencapai mimpi kita..

Selain itu life planning juga membantu kita untuk mengarahkan kehidupan kita pasca kampus nanti. Kita mau jadi apa? mau berbuat apa? Jangan sampai nanti saat kita sudah lulus kita bingung mau ngapain.
Mungkin teman-teman sudah pernah mendengar cerita tentang mahasiswi yang mendapatkan IPK 4,00 yang dalam pidato kelulusannya beliau berkata bahwa.. beliau takut. Ya, beliau takut dengan keadaan dunia di luar sana. Karena selama kuliah, beliau hanya belajar dan tidak pernah secara detail menentukan beliau ingin menjadi apa setelah lulus nanti. Ya, ternyata selama menjadi mahasiswa/i kita tidak boleh hanya belajar saja. Kalau seperti itu kita tidak ada bedanya dengan siswa SMA/SMP/SD. Kita juga perlu mengasah softskill karena saat kita memasuki dunia kerja, softskill tersebut sangat dibutuhkan. Banyak orang berkata bahwa dunia itu keras.. oleh karena itu butuh persiapan yang matang untuk menghadapi dunia yang keras tersebut.

Okay sepertinya sekian posting saya tentang life planning, walaupun posting ini tergolong cukup pendek saya berharap posting ini bisa bermanfaat untuk para readers sekalian. And as always, comments and critics are always welcome but please use nice and polite words *grins* okay see you at the next post!

"If you can dream it, you can do it" -Walt Disney

You Might Also Like

0 comments