Follow your Dreams

July 10, 2013

8 Juli 2013, hari penentuan masa depan.

Jujur, deg degan nya udah abis dari kemarin-kemarin.

Waktu D-Day sbmptn, aku ambil tempat test di Bandung. Kenapa ? Aku punya pemikiran siapa tau aja kan yang test di tempat pilihan pertama universitasnya bisa di prioritaskan. Ya mungkin pemikiran aku salah. Tapi aku cuma mau usaha aja.

Sehabis sbmptn selesai..(masih di Bandung)

Padahal aku udah janji sama diri sendiri GA AKAN KOREKSI JAWABAN SAMA KUNCI YANG BEREDAR.

Tapi kenyataannya..

Aku kepo. Kepo banget. Dan di timeline twitter, link kunci sbmptn bertebaran di mana-mana. Karena udah penasaran banget, akhirnya aku koreksi jawaban aku...
Dan hasilnya

Ga begitu memuaskan.



Nilai TPA+TKDU aku jauh beda banget sama nilai TPA+TKDU aku kaya waktu tryout di GO. oke. mulai dari situ aku langsung galau berat. Malemnya aku nangis ga bisa tidur ;__;

Dan rasa galau dan underpressure itu masih ada sampai detik detik pengumuman hasil psikotest STIS. Dan sialnya lagi.. aku ga lolos tes psikotest STIS. dan itu NYAKIT banget. seriously, kalo tau kaya gini rasanya aku lebih baik ga lolos tes pertama sekalian. Udah jauh-jauh gini, akhirnya ga di lolosin.

Dan habis pengumuman itu, aku jadi tambah down. Udah galau sbmptn+galau STIS, dan aku juga harus buat planning baru. Karena ga lolos STIS, aku akhirnya harus ikut SIMAK UI nya. Dan ibu sama ayah aku langsung buru buru cari tiket. Dan bener aja sesuai prediksi, semua tiket bis udah sold out. Akhirnya terpaksa naik travel.

Dan..... ga akan ada yang bisa tau gimana down dan terpuruknya aku saat itu. bahkan sampe muncul di pikiran aku "Kalo semua ga lolos gimana ?" dan belum lagi aku ngebayangin gimana uang les yang mahal banget udah terbuang percuma. Terus ongkos ke Bandung+jakarta. Aku ngebayangin kasian orang tua aku. Kaya mereka udah kasih yang terbaik, tapi aku malah kaya gini ?

Sampe D-Day SIMAK UI pun rasa takut + down itu masih ada. Sampe selesai SIMAK UI, aku juga masih ga tenang. Tapi akhirnya... aku udah pasrah aja. Bahkan aku udah daftar UNJANI (Universitas Jendral Achmad Yani) buat cadangan.

Waktu aku legalisir piagam ke sekolah buat daftar UNJANI.. aku jadi ngebayangin lagi. Gimana ya kalo aku pada akhirnya masuknya di UNJANI ? Aku bakalan malu banget untuk ke sekolah. Gimana nt reaksi guru guru aku kalo tau itu ? Yaampun rasanya ;____;

D-1 Pengumuman SBMPTN

Aku udah siap banget kalo akhirnya aku hanya keterima di pil. 3 (Akuntansi UNILA) gapapa. aku mikir, walaupun aku keterimanya disana, aku bakalan tetep belajar rajin karena aku milih jurusan yang bener bener passion aku. Dan kalo keterimanya di UNJANI ? Yaudah gapapa. Ga semua lulusan PTS itu jelek kan.

Bahkan aku sampe udah ngomong ke senior aku kaya gini
"Kak kayanya aku ga lolos deh UNPAD. paling di UNILA"
"Iya gapapa loh nan haha. di UNILA juga dosen nya enak kog"

D-day pengumuman SBMPTN

Ga. ga berani liat pengumuman.
Akhirnya aku nyuruh ayah aku sama ibu aku buat liat pengumannya. Aku ga tega. Aku ga kuat liat hasilnya. Udah capek gagal terus :") udah trauma sama SNMPTN undangan dan kata "Maaf" trauma banget.

Dan ternyata hasilnya

"Mba put mba put!!! lolosss"

Hah ?

"UNILA ?"

akhirnya aku lari buat ngeliat sendiri pengumumannya dan ternyata hasilnya


Dan aku langsung nangis. Baru pertama kali ini nangis di depan adek aku ayah ibu aku sekeras ini. Nyampe ibu aku bilang "Udah mba put udah didenger tetangga" -____-

Sekarang bayangin kalo kalian di posisi aku, selama ini kalian menyangka kalian ga akan lolos pilihan 1. Belum lagi rasa kegagalan 2 kali itu menyakitkan banget kan. Belum lagi rasa down dan pesimis.

Untuk dapetin ini, aku bela belain ambil jalur nekat "IPC". Aku cuma mikir, aku ga mau salah jurusan lagi. Aku mau kuliah di jurusan yang jadi passion aku. Bukan hanya karena jurusan bagus. Kalo jurusan bagus tapi bukan passion kita ? hasilnya cuma useless aja. Kuliah itu berat. Pasti akan ada cobaan dan masalah-masalah yang harus kita hadapain. Kalo kita udah ga suka sama jurusannya, gimana coba mau menghadapi semua itu ?

Lebih baik aku susah susah untuk dapetin jurusan akuntansi daripada aku ambil jalur yang mudah tapi akhirnya aku jalanin kuliah nya setengah hati.

Jadi inget, sebelum sbmptn, i found a really great quotes in weheartit and i make it as my twitter's ava. and it said

"Follow your dreams"


You Might Also Like

0 comments